Rabu, 01 Agustus 2012

APA ITU HOLISTIK?

Sejarah Holistik
Mungkin anda mengira bahwa holistik di ambil dari kata holy(suci), yang berarti penyembuhan holistik adalah penyembuhan supranatural. Bukan........? holistik diambil dari whole (menyeluruh) atau dari pandangan holisme (dari bahasa yunani oaoc, holos, yang artinya semua, keseluruhan, total) yaitu suatu pandangan bahwa semuanya di sistem alam ini ( fisik, biologi, kimia, sosial, ekonomi, mental, bahasa,dll ) tidak bisa di tentukan atau di jelaskan secara bagian-bagian terpisah saja, tapi dijelaskan secara keseluruhan. 
Sejarah holistik dimulai sebelum istilah holism diperkenalkan oleh Jan Christiaan Smuts dalam bukunya “Holism and Evolution”. Holisme saat ini berkembang dalam istilah holistik, yang mengkombinasikan penyembuhan, seni, dan ilmu hidup. Holistik populer dengan cepat di tahun 70-an.
Saat ini, penyembuhan holistik sangat dikenal sebagai pendekatan terbaik untuk menyeimbangkan kehidupan dan kesehatan seseorang dengan cara menyatukan aspek fisik, mental, dan spiritualnya sebagai manusia yang utuh.
Walaupun istilah holisme diperkenalkan di tahun 1926, penyembuhan holistik sebenarnya sudah ada jauh di jaman kuno kira-kira 5000 tahun yang lalu. Sejarawan belum bisa memastikan dari bangsa manakah pertama kali ia dipraktekkan. Kebanyakan sejarawan percaya bahwa penyembuhan holistik dimulai di India dan atau Cina. [1]
Para praktisi holistik mempraktekkan prinsip hidup sehat lewat menyeimbangkan tubuh, pikiran, dan roh untuk menyatu atau harmonis dengan alam.
Contoh praktis holistik adalah Socrates, yang hidup 4 abad sebelum kelahiran Kristus. Ia menganut pandangan ini dan mengajarkan bahwa kita harus memandang tubuh sebagai keseluruhan, bukannya bagian yang terpisah. [2]
Plato juga pendukung pandangan holistik, menyarankan para dokter bahwa menghormati hubungan antara pikiran dan tubuh adalah sangat penting bagi kesehatan. [2]
Pengobatan Allopathic atau allopathy (berasal dari Bahasa Yunani ἄλλος, állos, lain, berbeda, + πάϑος, páthos, menderita) adalah istilah yang diungkapkan pertama kali oleh Samuel Hahnemann, pendiri pengobatan homeopathy (salah satu disiplin ilmu holistik modern). Allopathy ditujukan pada pengobatan standar di awal abad 19 sampai sekarang, atau biasa disebut sebagai pengobatan medis konvensional, pengobatan Barat (Western Medicine), biomedicine, scientific medicine, atau pengobatan modern. [3]
Di Amerika Serikat, pengobatan allopathy atau medis konvensional ditujukan pada disiplin ilmu dengan gelar Doctor of Medicine (DM) bukannya Doctor of Osteopathic Medicine (DO). DO berasal dari disiplin ilmu penyembuhan holistik modern. [3]
.
.
CABANG PENYEMBUHAN HOLISTIK
Disiplin ilmu holistik terbagi menjadi dua, yaitu:
1. Holistik Tradisional
Suatu teknik penyembuhan yang memanfaatkan alam dengan prinsip holisme, berawal sejak ribuan tahun lalu. Biasa disebut sebagai penyembuhan/pengobatan alternatif atau pengobatan tradisional. Yang termasuk holistik tradisional adalah akupuntur, akupresur, herbal, ayurveda, uropathy, pranic healing, apitherapy, dan lain-lain. Gelar para praktisinya bermacam-macam. Ada yang disebut sebagai tabib, sin-se, dukun, dan lain-lain.
Tapi di jaman sebelum adanya aliran allopathy (medis konvensional), gelar dokter adalah milik dari para praktisi holistik tradisional ini. Gelar dokter itupun akhirnya diambil alih oleh praktisi allopathy karena kelihaian “marketing” yang mereka miliki dan menggeser paradigma masyarakat untuk lebih mempercayai allopathy dibandingkan holistik tradisional. Sebagai penggantinya, sebutan alternatif justru diberikan kepada pengobatan/penyembuhan holistik “awal” atau asli dari Tuhan ini.
2. Holistik Modern
Suatu teknik penyembuhan yang menggabungkan penyembuhan tradisional/kuno dengan teknologi dan sains modern yang memanfaatkan alam dengan prinsip holisme. Holistic modern berawal sekitar 200 tahun yang lalu dengan adanya homeopathy.
Yang termasuk holistik modern adalah homeopathy, osteopathy, ananopathy, psikologi hipnotis, naturopathy modern, dan sebagainya. Gelar para praktisinya bermacam-macam sesuai dengan aliran/disiplin ilmunya. Untuk homeopathy, praktisinya disebut sebagai homeopath. Osteopathy, praktisinya disebut sebagai osteopath atau DO (Doctor of Osteopathy) di belakang nama. Naturopathy, praktisinya disebut sebagai naturopathy atau DN (Doctor of Naturopathy) di belakang nama. Saya pribadi dari aliran/disiplin ilmu ananopathy, praktisinya disebut sebagai ananopath (syukur bukan psikopat) atau Dt (Danton) di awal nama.
Tapi perlu juga Anda ketahui bahwa tidak semua alternatif adalah holistik.  Jika suatu pengobatan alternatif tidak memandang permasalahan kesehatan secara menyeluruh, pengobatan tersebut berarti bukan pengobatan holistik.
Oh iya, saya perlu jelaskan juga bahwa jika maksud saya dengan menyembuhkan, itu artinya benar-benar menyembuhkan, bukan sekedar merawat saja. Menyembuhkan yang saya maksud di sini juga berarti dari sisi peran manusia dalam proses kesembuhan karena selain kebenaran bahwa Tuhanlah yang menyembuhkan, tapi kita juga harus ingat bahwa Tuhan memakai manusia juga dalam proses menyembuhkan.
Sebagai perumpamaan: Dalam pertanian, manusialah yang menabur, merawat, dan menuai. Tapi yang memberi pertumbuhan adalah Tuhan. Tapi dalam BAHASA umumnya (bukan bahasa religius), tindakan manusia dalam proses menabur, merawat, dan menuai tersebut adalah tindakan menumbuhkan karena TUJUANNYA adalah supaya tanaman yang ditanam itu TUMBUH dan bisa dipanen.
Saya harap ini bisa mencegah Anda salah paham dengan GAYA BAHASA saya yang selalu menyebutkan kata-kata menyembuhkan, supaya Anda tidak berkata dalam hati.. “Wah sombong sekali…memang siapa Anda kok bisa menyembuhkan? Yang menyembuhkan khan hanya Tuhan?!”
Baiklah, mari kita lanjutkan topik berbau sejarah ini…
.
HOLISTIK MODERN ANANOPATHY
Ananopathy adalah gabungan teknik pengobatan alternatif tradisional/kuno dengan teknologi dan sains modern, dimana tujuannya adalah menyembuhkan, bukan sekedar merawat. Pengobatan Ananopathy fokus pada akar penyakit, bukan pada gejala; merawat manusia secara keseluruhan (whole), bukan pada apa yang tampak saja. Tehnik yang digunakan adalah dengan menggunakan Hukum Alam, Hukum Sebab-Akibat, perbaikan pola makan dan gaya hidup, penggunaan bahan-bahan alami, yang diterapkan dengan basis alam dan sains modern.
Praktisi Ananopathy disebut sebagai ananopath, sedangkan gelar master atau pemimpin Ananopath adalah Danton.
Ananopathy dari segi aplikasinya bersifat 3, yaitu:
  • Sederhana. Begitu sederhana karena tidak memerlukan obat-obatan kimia dan operasi.
  • Cerdik. Mengajarkan Anda untuk berpikir dan bertindak cerdik, bukannya pandai.
  • Bijaksana. Menekankan pemikiran bijak yang melihat faktor moralitas dan keselarasan.
Dari segi pemikiran, prinsip dasar Ananopathy juga ada tiga yaitu:
  • Tuhan. Selalu melihat permasalahan dari sudut pandang Ketuhanan.
  • Hukum Alam. Berpedoman pada Hukum Alam.
  • Kasih. Mendasari pemikiran dan prakteknya atas dasar kasih.
Dari 6 hal di atas, ini membuat Ananopathy jadi suatu cabang pengobatan yang sangat efektif, praktis, alami dan berbasis sains modern, serta menekankan sisi spiritualitas dan humanisme yang tak terpisahkan. Anda akan memahaminya jika telah belajar sains holistik secara online di HIOS. Situs HIOS bisa Anda klik di link http://hios.co.nr
Tuhan Sang Maha Pencipta, dengan “pemikirannya” yang Maha Bijaksana, telah menyiapkan alam untuk memenuhi SEGALA kebutuhan kita akan kesehatan. Sebenarnya kita telah MEMILIKI SEGALANYA di dalam alam dan Hukum Alam ciptaanNya.
Atas dasar pemikiran ini, sebenarnya SEMUA penyakit di dunia ini bisa sembuh TANPA  HARUS MEMAKAI OBAT-OBATAN KIMIA DAN OPERASI. Dengan teknik Ananopathy Anda akan diajarkan untuk bisa menyembuhkan beberapa penyakit kecil, menengah, dan juga mematikan, yang BIASANYA OLEH MEDIS KONVENSIONAL DISTANDARKAN HARUS DENGAN OBAT DAN OPERASI, tapi bagi Anda tidak perlu.
Contoh beberapa “penyakit serius” yang bisa Anda taklukkan setelah menguasai beberapa teknik Ananopathy, tanpa obat-obatan kimia dan operasi adalah:
  • diabetes melitus,
  • kolesterol tinggi dan sakit jantung,
  • stroke,
  • asam urat dan rematik,
  • tumor dan kanker,
  • TBC,
  • Maag akut dan kronis,
  • hepatitis,
  • gagal ginjal,
  • demam berdarah.
  • AIDS
Anda pasti tahu bahwa para dokter harus belajar bertahun-tahun untuk bisa mengobati berbagai penyakit yang saya sebutkan di atas. Tapi tahukah Anda bahwa dengan Ananopathy, Anda bisa menguasai pengobatan untuk mengatasi penyakit-penyakit tersebut tidak sampai 1 minggu? Ya benar… saya tidak bercanda dan membual. Anda bisa menguasainya kurang dari 1 minggu, jauh lebih pendek rentang waktunya dan bisa segera Anda praktekkan dengan tingkat keberhasilan 50-100%, tanpa obat-obatan kimia dan operasi. Itulah kedahsyatan daripada sains Ananopathy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar