Rabu, 01 Agustus 2012

Bekam Sinergi?

Bekam sinergi merupakan istilah baru dalam dunia pengobatan bekam di Indonesia. Biasanya yang sudah sering kita dengar adalah sebatas bekam basah, bekam kering, bekam luncur, dan bekam api. Kemungkinan baru sekali ini kita mengetahui istilah bekam sinergi

Bekam sinergi?

apabila ditinjau secara mendalam sebetulnya bukanlah konsep yang baru. Beberapa praktisi pengobatan tradisional sebenarnya telah menggunakan dalam praktek sehari-harinya. Secara sederhananya, apabila pembaca yang budiman telah menggunakan konsep berpikir sejalan dengan yang kami susun dalam buku BEKAM SINERGI, berarti Anda telah menggunakannya.
 Lalu, apa sebenarnya bekam sinergi?
Sebelum membahas konsep bekam sinergi lebih mendalam, alangkah baiknya apabila kita terlebih dahulu menyamakan persepsi mengenai definisi bekam. Ada beberapa definisi mengenai bekam yang satu definisi dengan lainnya saling melengkapi. Definisi-definisi tersebut yaitu:
  • Wikipedia Indonesia mendefinisikan bekam atau hijamah adalah teknik pengobatan dengan jalan membuang darah kotor (racun yang berbahaya) dari dalam tubuh melalui permukaan kulit. Perkataan Al Hijamah berasal dari istilah Bahasa Arab Hijama yang berarti pelepasan darah kotor. Sedangkan dalam Bahasa Inggris disebut dengan cupping, dan dalam bahasa melayu dikenal dengan istilah bekam. Di Indonesia dikenal pula dengan istilah kop atau cantuk (http://id.wikipedia.org/wiki/Bekam).
  • Penelope Oddy menyatakan bahwa bekam adalah sebuah metode penanganan penyakit yang melibatkan penarikan Qi (Energi)[1] dan Xue (darah)[2] ke permukaan kulit menggunakan ruang hampa udara (vakum) yang tercipta di dalam mangkuk seperti gelas atau bambu.
  • Ustadz Kathur Suhardi menjelaskan bahwa bekam merupakan metode pengobatan dengan penyedotan kulit di bagian-bagian tertentu untuk mengeluarkan racun dan oxidant dalam tubuh melalui torehan tipis yang mengenai pembuluh darah kapiler pada epidermis.
  • Dokter Wada A Umar dalam bukunya “Sembuh dengan satu titik” mengatakan bahwa bekam adalah suatu metode pengobatan dengan metode tabung atau gelas yang ditelungkupkan pada permukaan kulit agar menimbulkan bendungan lokal. Terjadinya bendungan lokal disebabkan oleh tekanan negatif di dalam tabung yang sebelumnya benda-benda dibakar dan dimasukkan kedalam tabung agar terjadi pengumpulan darah lokal. Kemudian darah yang telah terkumpul dikeluarkan dari kulit dengan dihisap, dengan tujuan meningkatkan sirkulasi energi Qi dan Xue, menimbulkan efek analgetik, anti bengkak, serta mengusir patogen angin dingin maupun angin lembab.
Sehubungan dengan konsep mengusung sinergi maka definisi Bekam Sinergi adalah Sebuah metode penanganan penyakit yang melibatkan penarikan Qi (Energi) dan Xue (darah) ke permukaan kulit menggunakan ruang hampa udara (vakum) yang tercipta di dalam gelas atau kop dengan mempertimbangkan kekuatan 7 materi dasar[3] dan 6 patogen ekternal[4] yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh.
bekam sinergi?
 Tabel 1.1 Ringkasan definisi-definisi tentang bekam
Bekam sinergi juga bermakna sinergi dalam diagnosa penyakit yang menerapkan sinergi tiga ilmu pengobatan, yaitu Thibbun Nabawi, Tradisional Chinese Medicine (TCM) dan Modern Medicine. Ketiga ilmu Allah ini disinergikan dalam mendiagnosa sebuah penyakit bisa di lakukan terapi bekam atau tidak.
Kalau tataran teknis teknik membekamnya, kurang lebih sama dengan pembekaman yang sudah ada. Bekam sinergi menggunakan teknik bekam basah dengan menggunakan surgical blade[5] untuk menyayayat, bekam kering, bekam luncur dan bekam api. Bekam Sinergi menyakini bahwa bagian yang paling membutuhkan kecermatan saat menangani pasien adalah saat melakukan diagnosa.
A to Z about BekamBekam sinergi menggunakan diagnosa medis sebagai awal memulai dalam menerapkan pengobatan dengan menggunakan bekam, karena masyarakat tahunya adalah diagnosa penyakit menggunakan istilah penyakit medis modern, seperti hipertensi, asma, diabetes, katarak, bronchitis dan lain-lain. Dari diagnosa medis tersebut kemudian dimasukkan dalam penyakit penyakit tipe panas dan dingin menurut para ulama thibbun nabawi dan menurut konsep kedokteran timur.
Selain dalam hal diagnosa, sinergi dengan medis juga kita pakai dalam teknis bekam sinergi yang higienis dan steril[6] dengan memakai panduan dari kedokteran modern. Hal ini kita pakai karena dalam membekam melakukan tindakan bedah minor yang diperlukan perhatian khusus terkait dengan desinfeksi alat dan bahan serta sterilitas dalam membekam.

Bekam Sinergi?

Bekam sinergi, Secara ringkas skema mensinergikan tiga ilmunya, yaitu:
Bekam Sinergi?
         Tabel 1.2. Konsep Bekam Sinergi

[1] Qi adalah: energi yang menggerakkan materi. Energi vital semesta yang fundamental bagi semua aspek kehidupan atau daya hidup. Qi merembes ke seluruh tubuh dan masuk ke saluran-salurannya.
[2] Xue adalah darah, tetapi berbeda dengan konsep darah menurut medis. Orang yang kurang darah menurut TCM belum tentu anemia menurut medis. Tetapi anemia pasti kurang darah menurut TCM.
[3] 7 materi dasar adalah: materi yang menyusun tubuh yang meliputi: Qi, Xue, Jin, Ye, Jing , Yin dan Yang. Lebih detail akan dibahas di BAB berikutnya
[4] 6 pathogen ekternal: penyebab penyakit dari luar tubuh yang meliputi: angin, panas, dingin, kering, lembab dan api. Lebih detail akan dibahas di BAB pathogen.
[5] Surgical Blade:

BOLEHKAH HIJAMAH/BEKAM BASAH PADA ORANG TUA?

 Bekam Sinergi | Bekam adalah sunnah yang sangat dianjurkan oleh Nabi SAW. Jika kita melakukannya dengan niat ittiba’ sunnah maka insya Alloh kita akan mendapatkan pahala di sisi Alloh SWT. Terkadang sempat terpikir bagaimana dengan orang tua bolehkah?
Kami dari bekam sinergi memandang itu semua dari definisi bekam itu sendiri menurut konsep bekam sinergi. Bekam Sinergi adalah Sebuah metode penanganan penyakit yang melibatkan penarikan Qi (Energi) dan Xue (darah) ke permukaan kulit menggunakan ruang hampa udara (vakum) yang tercipta di dalam gelas atau kop dengan mempertimbangkan kekuatan 7 materi dasar[1] dan 6 patogen ekternal[2]yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh.
bagan bekam sinergi
Alur definisi  bekam sinergi
Bekam pada orang tua diperbolehkan jika materi dasarnya cukup. Seorang  manula boleh bekam jika mempunyai energi yang cukup, darah yang cukup dan cairan yang cukup.
Beberapa gejala yang menunjukkan materi dalam tubuh seorang manula sudah menunjukkan kekurangan:
Gejala kekurangan materi
Analisa Saran Terapi
  • Kulit kering dan keriput
Orang tua dengan kulit yang sudah keriput dan kering menunjukkan darahnya sudah mulai melemah/kurang. Fungsi darah yang melembabkan kulit menjadi terganggu sehingga muncullah kering dan keriput Minum madu dan makan kurma dengan kombinasi dengan ramuan tonik Yin seperti gamat dan makan buah berair secukupnya. Olesi minyak zaitun akan membantu melembab
  • Kuku rapuh atau geripis
Kuku terkait dengan organ hati, ketika rapuh maka menunjukkan gejala GAN XUE XU/hati yang kurang darah Minum madu dan makan kurma.
  • Rambut rontok dan sudah putih semua
Ini menunjukkan gejala Jing mulai melemah Makan ramuan penambah Jing dan penahan Jing bisa menggunakan Formula Jin Suo Gu Jin Wan atau secara rutin minum madu dan ginseng atau Dang gui
  • Sering kesemutan
Sering kesemutan adalah tanda khas Xue xu Minum tonik darah: misal à dang gui, bai shao, e-jiao, buat bit, wortel, bayam dan madu
  • Pandangan mulai kabur
Pandangan mulai kabur bisa karena Qi ginjal lemah atau darah hati yang mulai melemah Bisa menggunakan Nu zen si, Gou gi zi da, Gamat
  • Pinggang pegel
Bisa menunjukkan karena kekurangan materi pada ginjal Formula disesuaikan penyebab
  • Sering beser dan tidak bisa menahan kencing
Bisa menunjukkan karena kekurangan materi pada ginjal atau terserang pathogen lembab, panas dan dingin Bisa menggunakan formula penambah Qi dan Yang misal Shen Qi wan/Jin kui Shen Qi wan.
  • Kaki terasa dingin
Bisa terserang dingin atau biasanya karena Yang xu Jin kui Shen Qi wan
  • Gemetar atau tremor
Tanda khas angin. Biasanya karena kekurangan darah, kekurangan Yin atau karena Yang shi Kombinasi herbal pereda angin internal misalnya Dilong dan tribulus terestis dan penambah darah atau penambah Yin disesuaikan dengan penyebab internal anginnya.
  • Pendengaran berkurang
Biasa karena materi ginjal mulai melemah
  • Ingatan mulai melemah/demensia
Biasa karena materi ginjal mulai melemah Jika kurang Yin Bisa menggunakan pegagan dan gamat
  • Sudah tidak punya keinginan untuk melakukan hubungan suami istri
  • Impotensi
Biasa karena materi ginjal mulai melemah Pemberian herbal Tonik disesuaikan dengan materi yang kurangMisal kurangi Qi ginjal bisa menggunakan Dang shen dan Ren shenKekurangan Yin bisa  menggunakan Sheng di huang dan lain lain
  • Menopause
Adanya darah yag sudah mulai berkurang sehingga ia jadi menopause. Dengan adanya menopause menunjukkan masa produktif ber akhir dan dimulailah masa tua. Jika ada tanda tanda kekurangan yin maka susu kedelai bisa membantu mengurangi gejala gejala PMS/Pre menoupouse sindrom.
  • Gigi mulai tanggal
  • Gejala tulang rapuh/osteoporosis

Biasa karena materi ginjal mulai melemah Bisa konsumsi kombinasi madu,  gamat, ginseng, eucommia dan sidaguri dengan dosis yang kecil.
Ini beberapa tanda dan gejala yang memang menunjukkan kekurangan materi. Maka untuk terapi bekam pada orang tua benar benar harus kita perhatikan.
Ketika orang tua terserang 6 pathogen bisa dilakukan pembekaman jika kondisi materinya memungkinkah. Minimal dengan menggunakan bekam kering atau bekam api dengan disesuaikan dengan kondisi. Atau menggunakan terapi yang lain seperti: akupresure, akupuntur dan beberapa terapi yang lain.

[1] 7 materi dasar adalah: materi yang menyusun tubuh yang meliputi: Qi, Xue, Jin, Ye, Jing , Yin dan Yang.
[2]
6 pathogen ekternal: penyebab penyakit dari luar tubuh yang meliputi: angin, panas, dingin, kering, lembab dan api.
pisau bedah yang dipakai dalam medis untuk melakukan penyayatan. Pisau yang kita pakai adalah pisau dengan nomor 15 dan gagang pisau nomor 3.
[6] Steril yang kami maksud adalah usaha menuju ke arah steril. Karena menurut hemat kami sangat sulit jika sampai steril selain di kamar operasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar