Kamis, 02 Agustus 2012

Meridian Syaraf di Tangan


  
 
Meridian syaraf tanganGaris garis refleksi

Dalam tubuh terdapat 12 jalur atau meridian saraf yang masing-masing berhubungan dengan tiap-tiap organ tubuh kita. Enam (6) jalur diantaranya melalui tangan kita.


1) Jalur paru-paru : Dimulai dari titik Sau Yang yang terdapat di sisi luar pergelangan atas ibu jari. Jalur paru- paru ini berhubungan erat dengan paru-paru atau bronchi yang mengatur pernapasan.Titik ini bila dipijat merasa sakit, berarti terkena flu, asma, infeksi bronchus dsb. Bila ibu jari kanan yang sakit, berarti organ pernapsan sebelah kanan mengalami gangguan. Demikian juga ibu jari kiri bersangkutan dengan pernapasan sebelah kiri.

2) Jalur Usus Besar : dimulai dari titik Sang Yang , terletak dibawah kuku jari telunjuk. Titik ini bila dipijat mersa sakit, berarti sistim pencernaan kurang baik.


3) Jalur Pembungkus Jantung : Dimulai dari titik Chong Zhong, terletak di bawah kuku jari tengah. Ia mempengaruhi kegiatan jantung, peredaran darah , juga berhubungan dengan usus kecil. Bila diare karena gelisah, titik ini bisa sakit bila dipijat.
 
4) Jalur San Chiau : Dimulai dari titik Kwan Zhong, terletak dibawah kuku jari manis. Ia mengatur sistim limfe dan sisitim hormone. Apabila suhu badan menjadi panas atau dingin, titik ini bisa sakit bila dipijat.


5) Jalur Jantung : Dimulai dari titik Sau Zhong, terletak di bawah kuku jari kelingking sebelah dalam. Ia mengatur fungsi jantung dan peredaran darah . Bila ada ketidak lancaran organ dalam dikarenakan pikiran tegang. Pijatlah titik ini.

6) Jalur Usus Kecil : Dimulai dari titik Sau Zhe, terletak dibawah kuku jari kelingking sebelah luar. Ia mengatur kegiatan usus kecil. Bila terjadi sembelit, titik ini bisa sakit bila dipijat.

- Natur Indonesia -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar